Resep Donat Kentang Spesial

Resep Donat Kentang Spesial - Apakah anda termasuk pecinta kue donat? Kalau iya, kue donat apa sajakah yang pernah anda makan? Hmm mungkin anda bingung menjawabnya karena pasti sudah makan berbagai kue donat selama ini. Tapi pernahkah anda memakan kue donat kentang? Unik bukan, kue donat ini bahan utamanya buah kentang. Penasaran rasanya seperti apa dan bagaimana cara membuat donat kentang? Tenang saja disini majalahresep akan membahas resep donat kentang spesial dan empuk.

resep donat kentang spesial

Kue donat memang banyak dijual di berbagai toko kue, bahkan di pasar pun banyak penjual donat. Lalu kenapa kita harus capek-capek membuat donat kentang sendiri? Karena kita bisa membuat donat kentang sesuai keinginan sendiri, apabila anda ingin donat kentang yang tidak terlalu manis tinggal kurangi gulanya, begitupun sebaliknya. Berbeda jika kita membeli kue donat kentang, rasanya ya seperti itu dari pembuatnya, bisa enak bisa tidak. Lagipula cara membuat donat kentang tidaklah sulit, kita hanya butuh kreatifitas untuk mengolah resep donat kentang spesial ini.

Berikut ini majalahresep akan menjelaskan cara membuat donat kentang, bahan-bahan dalam resep donat kentang spesial ini juga mudah didapat kok. Apalagi bagi anda pembaca atau bunda dan sista yang gemar berbelanja, bahan-bahan resep ini dapat dibeli di pasar, bahkan di toko kelontong sebelah rumah pun ada.

Bahan-bahan Resep Donat Kentang Spesial

•    Tepung terigu sebanyak 500 gram (pilihlah tepun yang berprotein tinggi)
•    Buah kentang sebanyak 250 gram (kupas, kukus dahulu lalu dihaluskan menggunakan blender kemudian dinginkan)
•    Gula pasir putih sebanyak 100 gram
•    Susu bubuk sebanyak 50 gram (boleh merk apa saja)
•    Ragi instan sebanyak 11 gram
•    Kuning telur ayam yang masih segar sebanyak 4 butir
•    Air dingin sebanyak 100 ml
•    Mentega sebanyak 75 gram (boleh merk apa saja)
•    Garam sebanyak ½ sendok teh

Cara Membuat Donat Kentang Spesial

1.    Siapkan wadah yang sudah dicuci bersih, kemudian campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan dan susu bubuk. Semuanya sesuai porsi, kemudian diaduk hingga adonan merata.
2.    Lalu masukkan kentang yang sudah dihaluskan, kuning telur dan tembahkan air dingin. Setelah itu aduk kembali adonan hingga merata.
3.    Sambil diaduk, tambahkan mentega dan garam sesuai porsi ke dalam adonan. Selanjutnya aduk terus hingga adonan terasa elastic dan kenyal, kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit.
4.    Selanjutnya bagi rata adonan donat kentang tersebut kira-kira masing-masing 50 gram. Kemudian masing masing adonan kecil tadi dibulatkan seperti bentuk gelang dan diamkan selama kurang lebih 15 menit agar adonan mengembang.
5.    Sambil menunggu adonan mengembang, mulai panaskan minyak goreng, cukup menggunakan api kecil saja. Kemudian goreng donat kentang tadi hingga matang, cirri-cirinya saat sudah berwarna kekuningan.
6.    Terakhir, angkat dan tiriskan donat. Selanjutnya silahkan berkreasi sendiri menambahkan toping pada donat kentang anda. Oleskan mentega pada donat lalu taburkan meises, coklat ataupun gula bubuk halus sesuai selera anda.

Catatan:
•    Buah kentang wajib dihaluskan menggunakan blender agar donat kentang yang dibuat dapat berstektur lembut dan empuk.
•    Gunakan tepung terigu yang mengandung protein tinggi (baca: manfaat protein)

Mudah dan simpel bukan cara membuat donat kentang, bunda dan sista dapat membuatnya sendiri di rumah. Kue donat kentang ini cocok sekali dinikmati saat sore hari sambil minum teh bersama keluarga. Bunda dan sista dapat mulai merencanakan untuk membuat donat kentang sebagai camilan ketika hari libur. Anda juga dapat memvariasikan bahan-bahannya sendiri apabila sudah paham dasar-dasar pembuatan donat kentang. Dan juga jangan sampai kebanyakan memberikan air ke adonan karena dapat  menyulitkan saat membentuk donat.

Sebagai gambaran, anda dapat menyimak video dibawah ini untuk membantu anda lebih memahami tentang cara membuat donat kentang:


Begitulah bunda dan sista tips cara pembuatan donat kentang dari majalahresep. Anda dapat mencatat resep donat kentang spesial tersebut apabila tertarik untuk membuatnya. Simak juga resep kue dan masakan lainnya hanya di majalahresep. Selamat berkreasi dan semoga menginspirasi bunda dan sista.

Share ke :

1 Response to "Resep Donat Kentang Spesial "