Resep Cabuk Wijen Khas Wonogiri

Cabuk Wijen merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Wonogiri. Saat ini bisa dibilang cabuk wijen mulai langka dan sulit menemukan penjualnya. Jadi kalau ingin mencicipi makanan ini kita harus membuat sendiri dan tentu saja perlu tahu resep membuat cabuk wijen khas Wonogiri ini.

Tapi tenang saja, karena kami akan membagikan resep cabuk wijen dalam artikel ini. Setidaknya dengan menulis resep masakan tradisional ini disini dapat membantu melestarikan kuliner asli Indonesia.

Resep Cabuk Wijen Khas Wonogiri

Sebenarnya kami sendiri bingung mendefinisikan hidangan ini, karena cabuk wijen ini seperti pepes namun lebih dikenal sebagai sambal cabuk, karena rasanya dominan pedas. Cabuk wijen sendiri paling cocok dinikmati dengan nasi yang masih hangat.

Kalau di Jawa, jenis masakan seperti ini istilahnya "nglawuhi" alias bikin nambah nasi terus seperti saat makan pakai lauk sambel belut. Dan juga bahan-bahan cabuk wijen terbilang sangat murah. Wajar sih kan ini merupakan hidangan tradisional warisan kakek nenek di jaman dahulu, yang mayoritas makanannya memang sederhana.


Resep Cabuk Wijen Asli Wonogiri


Bahan Cabuk Wijen

  • Biji wijen secukupnya
  • Air secukupnya
  • Parutan kelapa secukupnya
  • Cabe secukupnya
  • Daun kemangi secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Bawang putih secukupnya
  • Daun pisang secukupnya



Cara Membuat Cabuk Wijen

  1. Biji Wijen di sangrai hingga matang. Kemudian ditumbuk sampai halus lalu ditambahkan air, hasilnya akan menjadi tepung wijen.
  2. Kemudian dicampur dengan parutan kelapa, cabe, bawang putih, daun kemangi dan gula merah.
  3. Setelah adonan tadi tercampur dengan merata, lalu bungkus dalam daun pisang kemudian di kukus.
  4. Setelah itu bungkusan tersebut di bakar, sebentar saja.
  5. Selesai, cabuk rambak siap dihidangkan.



Jadi begitulah resep sambel cabuk wijen dari Wonogiri. Kalau dilihat memang bentuk cabuk wijen tidak menggugah selera, warnanya saja hitam pekat. Namun rasanya sungguh mantap, ada perpaduan manis, gurih, dan pedas. Selamat mencoba, yuk mari kita lestarikan resep masakan tradisional Indonesia!.

Share ke :

1 Response to "Resep Cabuk Wijen Khas Wonogiri"

  1. Mak yuss rasanya pengin coba dech kok bikin penasaran...kapan ya bisa merasakan nikmatnya pepes cabuk...

    BalasHapus