Resep Es Oyen Spesial Khas Bandung

Resep Es Oyen Spesial Khas Bandung – Iklim tropis khatulistiwa membuat negara kita Indonesia memiliki cuaca yang cenderung panas, bahkan saat musim hujan sekalipun. Ketika cuaca panas seperti itu tentu saja mengkonsumsi minuman dingin akan sangat menyegarkan. Salah satu minuman yang cocok untuk memuaskan dahaga di siang yang terik adalah es oyen. Resep es oyen spesial khas Bandung juga mudah dibuat bagi siapapun.

Resep Es Oyen Spesial Khas Bandung

Es Oyen merupakan minuman khas Bandung yang cukup populer di Indonesia. Tapi kamu tidak harus pergi ke Bandung kok untuk menikmati es oyen. Karena kamu dapat membuat es oyen sendiri di rumah, cara membuat es oyen tidaklah sulit. Majalahresep juga akan menjelaskan resep es oyen spesial khas Bandung yang bisa kamu pelajari dan silahkan praktekkan cara membuat es oyen spesial ala kamu sendiri.

Bahan utama pembuat es oyen adalah susu, tentu ini cocok bagi kamu yang menyukai minuman susu tetapi sudah bosan dengan minuman susu biasa. Secara garis besar, es oyen cukup mirip dengan es teler namun yang membedakan keduanya ada pada bahan-bahan isiannya. Bagaimana? Apakah kamu penasaran cara membuat es oyen spesial?. Kalau iya, silahkan simak resep es oyen spesial khas Bandung ala majalahresep berikut ini.

Resep Es Oyen Spesial Khas Bandung


Bahan Utama :
•    Cincau hitam sebanyak 300 gram, dipotong ukuran kecil-kecil.
•    Buah nangka sebanyak 100 gram, dipotong ukuran memanjang.
•    Pacar cina yang sudah direbus sebanyak 200 gram.
•    Daging kelapa muda sebanyak 200 gram.
•    Buah melon sebanyak 100 gram, dipotong berbentuk bulat-bulat.
•    Daging buah alpukat sebanyak 75 gram.
•    Kolang-kaling sebanyak 100 gram, warna bebas dan di iris tipis-tips.
•    Tape singkong sebanyak 100 gram, dipotong kotak-kotak.
•    Sirup merah secukupnya saja.
•    Susu kental manis secukupnya.
•    Es batu yang sudah diserut secukupnya.

Bahan Sirup :
•    Gula pasir sebanyak 300 gram
•    2  gelas air putih
•    Garam sebanyak ½ sendok teh

Siapkan semua bahan-bahan resep es oyen spesial khas bandung tadi terlebih dahulu agar memudahkan saat proses pembuatan es oyen khas Bandung. Tempatkan masing-masing bahan di tempat yang mudah dijangkau. Kerapian dalam memasak sangat penting untuk membuat mood kamu enjoy dan juga agar dapur tidak terlihat berantakan. Selanjutnya, simak cara membuat es oyen spesial khas Bandung ala majalahresep.

Cara Membuat Es Oyen Spesial Khas Bandung

1.    Langkah pertama, buat dahulu sirup untuk es oyen. Caranya dengan merebus air bersamaan dengan gula pasir dan juga garam. Lalu aduklah sampai mendidih hingga gula pasirnya larut. Setelah itu baru bisa di angkat dan diamkan hingga dingin.
2.    Siapkan 5 buah mangkuk biasa ukuran sedang. Selanjutnya silahkan masukkan semua bahan-bahan utama tadi ke 5 mangkuk saji dengan porsi merata.
3.    Berikan es batu yang sudah diserut di bagian atasnya, secukupnya saja sesuai selera kamu.
4.    Siramkan sirup yang sudah dibuat tadi ke dalam mangkuk, setelah itu berikan juga susu kental manis di atasnya untuk menambahkan rasa manis pada es oyen.
5.    Selesai, Es Oyen Spesial Khas Bandung sudah bisa kamu nikmati.

Mudah bukan cara membuat es oyen spesial khas Bandung tersebut ? Bahan-bahan tersebut hanya perlu dipotong-potong dan di campurkan dengan sirup. Kamu hanya perlu memasak sirupnya saja, selebihnya bahan-bahan lainnya tak perlu di masak terlebih dahulu. Bahan-bahan dalam resep es oyen spesial khas Bandung tersebut juga mudah didapatkan dimana saja. Kamu juga bisa melakukan variasi isian es oyen tersebut sesuai selera kamu.

Untuk memudahkan dan membuat kamu lebih mengetahui cara membuat es oyen spesial khas Bandung, kamu bisa menyimak video berikut ini:


Itulah tadi informasi resep es oyen spesial khas Bandung dan cara membuatnya ala majalahresep. Selain resep es oyen, kamu juga dapat melihat resep aneka minuman lainnya di majalahresep.com untuk menambah referensi kamu akan minuman es yang menyegarkan. Selamat mencoba dan semoga menginspirasi bunda dan sista sekalian.

Share ke :

0 Response to "Resep Es Oyen Spesial Khas Bandung"

Posting Komentar