Resep Bandeng Presto Duri Lunak Juwana

Resep Bandeng Presto Juwana – Siapa yang tak kenal bandeng presto, bandeng presto merupakan salah satu makanan khas kota Semarang. Di kota ini memang banyak sekali penjual bandeng presto, mulai dari yang masih mentah hingga sajian di warung-warung makan. Bandeng presto memang menjadi favorit tak hanya bagi mayarakat Semarang, tetapi juga bagi masyarakat umum. Apalagi bandeng presto dapat dapat dimakan bersama tulang-tulangnya sehingga praktis saat memakannya tanpa harus memisahkan antara daging dan tulang-tulangnya.

Resep Bandeng Presto Juwana
foto: stevicatering.com
Salah satu bandeng presto yang paling terkenal adalah bandeng presto juwana. Padahal Juwana sendiri merupakan nama sebuah kecamatan di kabupaten Pati yang merupakan sentra bandeng presto. Mungkin saja karena bandeng presto juwana memang enak maka digemari banyak orang hingga populer di kota Semarang. Bagi kamu yang ingin merasakan kelezatan bandeng presto namun tinggal jauh dari kota Semarang, kamu dapat membuat sendiri kok bandeng presto juwana di rumah. Silahkan simak dan ikuti langkah-langkah dalam resep membuat bandeng presto juwana dari majalah resep dibawah ini.

Resep Bandeng Presto Juwana

Bahan :
•    1kg ikan bandeng yang masih segar
•    400 ml air
•    Daun pisang sebagai alas panic presto
•    Minyak goreng secukupnya
•    2 sdm ragi tape
•    1 butir telur dikocok untuk menggoreng bandeng

Bumbu :
•    6 siung bawang putih
•    6 siung bawang merah
•    40 gr kunyit
•    100 gr lengkuas, diparut
•    1 sdm ketumbar, disangrai
•    1 sdm garam
•    1 lembar daun salam

Cara Membuat Bandeng Presto Juwana

1.    Pertama, haluskan semua bumbu-bumbunya seperti bawang putih, kunyit, bawang merah, ketumbar sangrai, dan garam.
2.    Tambahkan bumbu lengkuas parut, lalu aduk secara merata.
3.    Setelah itu siapkan bandeng yang sudah dibersihkan isi perutnya.
4.    Lalu lumuri ikan bandeng presto dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga semua permukaan kulit bandeng tertutup. Diamkan sampai sekitar 30 menit.
5.    Sambil menunggu, siapkan panic presto dan juga daun pisang di dasar panic presto.
6.    Selanjutnya masukkan ikan bandeng ke dalam panic presto. Lapisi ikan bandeng menggunakan daun pisang supaya kulit ikan bandeng tidak rusak dan saling menempel.
7.    Letakkan juga daun salam beserta lengkuas yang diiris tipis dan isi panic menggunakan air hingga menutupi semua permukaan ikan bandeng.
8.    Tutup rapat panic presto dan tunggu selama 20 menit.
9.    Matikan api dan tunggu hingga suara desisan panci hilang.
10.    Keluarkan bandeng dan tunggu hingga dingin.
11.    Kemudian goreng ikan bandeng sambil dilapisi kocokan telur.
12.    Selesai, selamat menikmati.

Mudah bukan cara membuat bandeng presto juwana ? Menu ini cocok sekali dinikmati bersama nasi yang masih hangat sambil dipadukan dengan aneka sambal yang pedas. Pasti keluarga kamu akan doyan makan jika menunya bandeng presto juwana. Sedikit tips, pastikan memilih ikan bandeng yang masih segar. Juga pastikan kotoran ikan bandeng sudah dibersihkan dengan sempurna, karena bisa merusak cita rasa dari bandeng buatan kamu.

Terakhir, selamat mencoba sendiri mempraktekkan resep bandeng presto juwana dari kami, jangan kaget jika ketagihan ya. Namun jika kamu tidak menyukai ikan bandeng, kamu dapat melihat aneka resep ikan lainnya dari majalahresep sebagai alternatif. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi bunda dan sista.

Share ke :

0 Response to "Resep Bandeng Presto Duri Lunak Juwana"

Posting Komentar