Resep Kerang Asam Manis di Masak Pedas

Resep Kerang Asam Manis – Sejak dahulu olahan makanan seafood selalu memiliki banyak peminat, mulai dari olahan ikan laut, kerang, hingga lobster. Di Indonesia sendiri yang merupakan negara kepulauan dengan di dominasi lautan memiliki banyak menu seafood yang populer. Sayangnya rata-rata menu seafood yang dijual di resto-resto memiliki harga yang cukup tinggi bagi kebanyakan masyarakat kita. Tapi jangan khawatir, ada beberapa masakan laut yang bisa kamu masak di rumah dengan rasa yang tak kalah dari menu restoran. Salah satunya adalah olahan kerang, dimana kali ini kami akan memberikan informasi resep kerang asam manis di masak pedas yang pastinya memiliki rasa yang menggoyang lidah.

resep kerang asam manis di masak pedas

Kerang sendiri adalah bahan makanan yang lezat dimasak menjadi olahan apapun. Kandungan gizi kerang juga cukup tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan, namun tentunya juga jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kerang. Salah satu kerang yang biasa diolah untuk menu konsumsi sehari-hari adalah kerang darah. Kerang ini memiliki kandungan protein serta mineral yang cukup tinggi dan bermanfaat bagi tubuh kita. Jenis kerang lain yang bisa dimasak diantaranya adalah kerang hijau.

Sedangkan cara memasak kerang asam manis sendiri tidaklah terlalu sulit. Kunci utama untuk menghasilkan rasa yang enak adalah pada bahan dan pembuatan bumbu-bumbu menu ini. Untuk bahan-bahan dan juga bumbu resep  kerang asam manis sendiri juga mudah didapat. Kamu tak akan kesulitan mencari bahan-bahannya di pasar jika tertarik mempraktekkan resep ini.

Resep Kerang Asam Manis di Masak Pedas

Bahan Utama dan Bumbu :
•    Kerang darah sebanyak 500 gram, tentunya yang sudah dilepas dari cangkangnya.
•    Kecap manis sebanyak 1 sendok makan.
•    Gula pasir sebanyak 1 sendok makan.
•    Saus tomat sebanyak 2 sendok makan.
•    Saus tiram sebanyak 1 sendok makan.
•    Saus cabe sebanyak 2 sendok makan.
•    Bawang Bombay 1/2 buah, diiris tipis.
•    Buah tomat sebanyak 1 buah.
•    Garam secukupnya saja.
•    Penyedap rasa sebanyak ½ sendok teh, ataupun sesuai selera.
•    Air putih sebanyak 200 ml.
•    Minyak secukupnya untuk menumis.

Bumbu yang dihaluskan :
•    Bawang merah sebanyak 3 butir.
•    Bawang putih sebanyak 2 siung.
•    Jahe ukuran 2 cm.
•    Cabai rawit merah sebanyak 7 buah.

Cara Memasak Kerang Asam Manis

1.    Pertama, buang kotoran yang masih menempel pada daging kerang, kemudian cuci bersih lalu rendamlah menggunakan air garam yang hangat sekitar 30 menit. Selanjutnya cuci bersih sekali lagi dan kemudian tiriskan.
2.    Panaskan minyak dengan api sedang, tumis bahan-bahan seperti bawang bombay, cabai keriting dan juga bumbu halus sampai aromanya harum. Kemudian masukkan kerang dan aduklah hingga merata, lalu masukkan gula pasir, air, saus tiram, kecap, saus cabai dan juga saus tomat. Aduk kembali sampai rata dan mendidih.
3.    Selanjutnya masukkan penyedap rasa, garam, juga irisan tomat. Aduk sesekali sampai kuah matang dan kuahnya menyusut. Selanjutnya matikan api lalu angkat,  kerang asam manis pedas pun sudah siap dihidangkan.

Selanjutnya anda dapat berkreasi sendiri seperti menggunakan  bumbu ataupun jenis kerang yang berbeda. Sedikit tips pastikan kerang dicuci dengan bersih karena jika kerang tidak bersih dapat menimbulkan rasa pahit di dagingnya. Hidangan kerang asam manis ini sangat cocok sebagai menu makan malam dipadukan dengan nasi yang masih hangat.

Simak video dibawah ini untuk mengetahui lebih detil tentang resep kerang asam manis di masak pedas :


Begitulah informasi cara memasak kerang asam manis, kamu dapat mempraktekkan sendiri dan silahkan variasikan bahan-bahannya selama sudah memahami dasar-dasar pembuatan menu ini. Jika bunda dan sista menyukai olahan makanan laut, silahkan simak juga informasi tentang aneka resep seafood lainnya. Kamu dapat artikel ini jika menurutmu informasi resep kerang asam manis di masak pedas ini akan bermanfaat bagi orang lain.  Semoga menginspirasi.

Share ke :

0 Response to "Resep Kerang Asam Manis di Masak Pedas"

Posting Komentar