Resep Sambal Pecel Lele Enak dan Pedas



Resep Sambal Pecel Lele – Masakan asal Lamongan ini memang salah satu hidangan nusantara yang disukai banyak orang. Bagaimana tidak, warung-warung pecel lele tersebar hampir di setiap daerah, biasanya buka saat malam hari. Tetapi kali ini majalahresep hanya akan membahas tentang resep sambal pecel lele yang enak dan pedas. Karena untuk memasak lele sepertinya bunda dan sista semua sudah paham ya cara-caranya tanpa perlu kami jelaskan.
resep sambal pecel lele yang enak dan pedas

 Cara membuat sambal pecel lele yang enak terbilang mudah, dapat dibilang hampir sama dengan cara membuat sambal tomat. Namun tetap saja untuk mendapatkan rasa sambal pecel lele yang enak perlu trik dan bahan-bahan spesial seperti yang akan kami jelaskan. Karena sambal yang enak akan membuat menu apapun menjadi makin terasa enak. Untuk itu kamu perlu menyimak dengan baik resep membuat sambal pecel lele yang enak untuk di kombinasikan dengan lele goreng yang masih hangat.

Bahan Resep Sambal Pecel Lele


•    Tomat berwarna merah ukuran sedang sebanyak 3 buah, pilihlah yang daging buahnya tipis (tomat sayur).
•    Bawang merah sebanyak 10 siung.
•    Bawang putih sebanyak 5 siung.
•    Cabai merah sebanyak 5 buah, pilih yang besar dan masih segar.
•    Cabai rawit sebanyak 21 buah.
•    Kemiri sebanyak 2 butir, dapat diganti dengan kacang mete 3 buah.
•    Gula merah sebanyak 1 sendok makan.
•    Garam dapur secukupnya saja.
•    Penyedap rasa secukupnya.
•    Minyak goreng secukupnya.
•    Terasi secukupnya (opsional, boleh tidak pakai).

Cara Membuat Sambal Pecel Lele Enak


1.    Pertama, cuci dengan bersih semua bahan kemudian gorenglah bahannya seperti tomat, cabai rawit, cabai besar, kemiri, bawang merah dan bawang putih serta terasi. Gunakanlah api sedang saja dan pastikan minyak goreng sudah panas saat semua bahan dimasukkan. Selanjutnya angkat dan tiriskan.
2.    Siapkan cobek, masukkan semua bahan yang sudah digoreng, lalu tambahkan gula merah, garam, dan juga penyedap rasa. Ulek dengan agak kasar ataupun sesuai selera.
3.    Sebagai alternatif, bahan juga dapat diulek menggunakan blender, asalkan tidak terlalu halus. Tetapi kami lebih merekomendasikan untuk diulek secara manual.
4.    Selesai, sambal pecel lele yang enak telah siap disajikan.

Begitulah kurang lebihnya cara membuat sambal pecel lele yang enak dan pedas. Sambal ini sangat cocok untuk dimakan bersama lele goreng yang masih hangat maupun ayam goreng krispy. Siapkan juga beberapa lalapan sebagai menu pendamping. Sekarang bunda dan sista dapat mulai untuk menyiapkan resep sambal pecel lele enak dan pedas untuk makan malam maupun sebagai menu spesial pada hari-hari libur.

Kamu juga bisa memvariasikan bahan-bahan dalam resep sambal pecel lele ini dengan beberapa bahan lain kesukaan kamu. Sambal yang enak ini juga dapat dimakan bersama menu masakan lainnya, tak harus dipasangkan dengan menu lele goreng. Karena ada beberapa orang yang tak menyukai masakan ikan berduri. Pengalaman kami, sambal pecel lele juga cocok dimakan bersama udang goreng dan bebek goreng. Silahkan dicoba dengan menu masakan favorit kamu.

Kamu dapat menyimak video berikut ini untuk mengetahui tentang resep dan cara membuat sambal pecel lele enak dan lezat :


 Jika bunda dan sista adalah penyuka makanan pedas, tak ada salahnya melihat aneka resep sambal dari majalahresep. Kamu juga dapat membagikan informasi resep sambal pecel lele ini jika menurutmu bermanfaat dan akan berguna bagi banyak orang lain. Semoga artikel tentang cara membuat sambal pecel lele ini bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi memasak bagi bunda dan sista di rumah.

Share ke :

0 Response to "Resep Sambal Pecel Lele Enak dan Pedas"

Posting Komentar