Resep Membuat Kulit Lumpia Kering dan Basah

Resep Membuat Kulit Lumpia Kering dan Basah – Lumpia merupakan salah satu makanan khas dari kota Semarang. Konon jajanan ini merupakan perpaduan antara makanan dari Jawa dan Tionghoa. Hingga kini Lumpia sangat populer di kota Semarang, bahkan di seluruh Indonesia.

Rasanya yang lezat dan gurih membuatnya menjadi makanan yang wajib dicicipi ketika berada di Semarang, selain bandeng presto juwana tentunya yang juga enak. Lumpia sendiri biasanya diisi dengan udang, daging ayam dan rebung yang dicampur kemudian dibungkus menggunakan kulit lumpia. Jajanan ini cocok dinikmati sambil dicocol kedalam sambal yang pedas.

Resep dan cara membuat kulit lumpia kering dan basah khas Semarang

Namun kali ini majalahresep tidak akan membahas cara membuat lumpianya, melainkan kami akan membahas cara membuat kulit lumpia. Karena bisa dibilang membuat isian lumpia mudah dilakukan oleh banyak orang, tapi membuat kulitnya merupakan hal yang berbeda dimana tak semua orang mahir membuatnya. Melalui artikel ini kami berharap dapat membantu kamu untuk membuat sendiri kulit lumpia kering dan basah seperti aslinya dari kota Semarang.

Langsung saja silahkan simak resep membuat kulit lumpia kering dan basah dari kami berikut ini. Dibawah ini kami sengaja memberikan 2 resep yaitu lumpia kering dan basah, karena lumpia sendiri memiliki 2 jenis. Kamu dapat memilih sendiri mana yang menarik bagimu, tenang saja dua-duanya dijamin maknyuss.

Resep dan Cara Memasak Kulit Lumpia Kering

Bahan-bahan :
  • 200 gr tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 butir telur, ambil putih telurnya saja
  • 2 sdm minyak sayur / mentega
  • Air secukupnya

Cara Membuatnya :
  1. Pertama, campur garam dan tepung terigu kemudian aduk hingga merata.
  2. Selanjutnya tambahkan putih telur dan aduk kembali hingga merata.
  3. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil tetap di aduk hingga adonan tercampur secara merata.
  4. Diamkan adonan selama kurang lebih 40 menit.
  5. Panaskan Teflon yang sudah diolesi mentega atau minyak sayur menggunakan api kecil saja.
  6. Lalu tuangkan adonan kedalam Teflon secara tipis-tipis. Kemudian gorenglah satu persatu adonan kulit lumpia tersebut. Saat sudah matang, angkat adonan dan lapisi atasnya menggunakan daun pisang agar tidak saling menempel dengan kulit lumpia lainnya.
  7. Selesai, kulit lumpia kering siap diberi isian daging atau rebung sesuai selera anda.

Resep dan Cara Memasak Kulit Lumpia Basah

Bahan-bahan :
  • 300 gr tepung terigu
  • 1 butir telur ayam, dikocok
  • 600 ml air santan / air putih
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm mentega / minyak goreng


Cara Membuatnya :
  1. Pertama, campur tepung terigu dengan garam lalu aduk hingga merata.
  2. Kemudian tambahkan telur yang sudah dikocok lalu tuangkan air putih atau air santan secara perlahan-lahan sambil tetap diaduk secara merata.
  3. Tambakan minyak goreng, aduk hingga merata.
  4. Selanjutnya diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit.
  5. Panaskan Teflon yang sudah diberi sedikit minyak atau olesan mentega menggunakan api kecil.
  6. Lalu dadarlah adonan tipis-tipis dan segera angkat saat sudah matang. Jangan lupa lapisi dengan daun pisang agar kulit lumpia tidak saling menempel.
  7. Selesai, kulit lumpia basah siap diberi isian sesuai selera kamu.


Mudah bukan cara membuat kulit lumpia kering dan basah ?. Dengan mengikuti panduan dan takaran sesuai resep diatas maka kamu akan bisa membuat sekitar 30 an kulit lumpia. Hmm cocok sekali untuk dimakan bersama keluarga ketika hari libur, silahkan siapkan juga sambal yang pedas sebagai cocolan untuk lumpia. Sebagai referensi, silahkan simak resep aneka sambal dari majalahresep.

Terakhir, selamat mencoba resep membuat kulit lumpia kering dan basah dari kami. Simak juga resep camilan nikmat lainnya dari majalahresep. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menginspirasi kamu untuk membuat menu camilan enak dan sehat bagi keluarga.


Share ke :

0 Response to "Resep Membuat Kulit Lumpia Kering dan Basah"

Posting Komentar