Resep Brambang Asem Khas Solo

Resep Brambang Asem Khas Solo – Tidak ada habisnya jika membicarakan kuliner khas kota Solo, ada serabi, timlo, tahu kupat, selat solo, tengkleng dan juga brambang asem. Berbicara mengenai brambang asem, dalam artikel ini majalahresep akan membahas tentang resep brambang asem. Sesuai namanya, brambang asem memiliki cita rasa brambang (bawang merah) dipadukan dengan bumbu terasi, cabe juga asam jawa. Maka dari itu makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan enak sekali di lidah.
Resep brambang asem
foto: beritadaerah.co.id

Bahan utama brambang asem adalah daun ubi jalar, mungkin di daerah lain agak aneh ya kok daun ubi jalar dimakan. Tapi jangan salah, dengan campuran sambal yang enak akan membuat daun ubi jalar terasa begitu nikmat. Menu ini cukup terkenal dan mudah ditemukan di kota Solo, harganya juga sangat murah. Namun bagi anda yang jauh dari kota Solo tak perlu khawatir, karena anda dapat membuat sendiri brambang asem di rumah.

Resep Membuat Brambang Asem Khas Solo

Berikut ini kami berikan detil resep dan cara memasak brambang asem asli khas kota Solo. Makanan pedas dan kaya gizi ini sangat cocok dinikmati saat sedang santai dengan keluarga. Praktekkan tips ini untuk membuat brambang asem yang lezat dan nikmat.

Bahan-bahan brambang asem :

  • 1 ikat daun ubi jalar
  • 3 siung brambang (bawang merah)
  • 3 buah cabe rawit atau sesuai selera
  • 1 batang asem jawa
  • 1 buah gula jawa
  • Bahan saus sambal
  • Terasi secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Memasak :

  1. Bakar terasi dan bawang merah menggunakan api kecil saja.
  2. Selanjutnya haluskan cabe, terasi, bawang merah, asem dan garam, tambahkan gula jawa lalu haluskan kembali.
  3. Setelah semua bumbu halus dan tercampur rata, pindahkan semuanya ke dalam wadah.
  4. Cuci bersih daun ubi jalar, buanglah tangkainya lalu rebus dengan air yang diberi sedikit garam.
  5. Jika sudah matang, angkat dan bilas menggunakan air dingin lalu taruh dalam wadah.
  6. Selanjutnya sajikan dengan cara mengambil sedikit rebusan daun ubi dan tambahkan sambal secukupnya.
  7. Selesai, selamat menikmati brambang asem lezat khas kota Solo.

Seperti itulah cara mudah memasak brambang asem khas kota Solo. Sedikit tips, siapkan juga gorengan seperti tempe yang masih hangat sebagai pelengkap menikmati brambang asem. Bisa juga dimakan bersama tempe gembus yang masih hangat, cocok sekali. Jika anda tertarik, silahkan simak juga resep masakan khas Solo lainnya seperti resep timlo solo, resep tahu kupat, resep selat solo dan juga resep tengkleng solo.

Silahkan mempraktekkan sendiri resep membuat brambang asem khas Solo ini di rumah. Selain lezat tentunya menu ini juga menyehatkan karena berbahan utama sayuran hijau. Simak juga aneka resep sayuran lainnya hanya di majalahresep.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menginspirasi anda. Kenali dan cintai kuliner Indonesia.


Share ke :