Resep Selat Solo Asli dan Enak

Resep Selat Solo Asli dan Enak – Kota Solo merupakan kota yang terkenal sebagai kota budaya. Namun lebih dari itu, Solo juga terkenal akan berbagai tujuan wisata dan juga kulinernya. Berbicara mengenai kuliner memang kota Solo memiliki berbagai makanan yang lezat dan mempunyai cita rasa tersendiri. Diantaranya adalah Timlo Solo, Tengkleng, Serabi dan tak lupa Selat Solo. Dan kali ini kami akan berbagi informasi resep membuat selat Solo yang asli dan enak.

Resep komplit dan cara membuat selat solo asli dan enak

Sebelumnya kami akan mengajak anda untuk mengetahui sejarah dan asal usul dari Selat Solo. Konon makanan ini adalah masakan Belanda yang telah di modifikasi hingga mempunyai rasa yang cocok dengan lidah orang Solo. Latar belakangnya adalah ketika pada zaman penjajahan Belanda, saat itu pihak Belanda sering mengadakan pertemuan dengan pihak keraton Surakarta.

Dalam setiap pertemuan tentunya pasti di sediakan berbagai makanan. Saat itulah selera petinggi Belanda berbeda dengan Raja keraton Surakarta. Petinggi Belanda menginginkan makan steak sementara Raja seperti biasanya masyarakat kita menyukai makan nasi dan juga sayuran.

Dengan adanya perbedaan selera masakan tersebut tentunya membuat juru masak keraton harus memutar otak membuat menu makanan yang cocok bagi orang Belanda dan juga Raja keraton. Maka juru masak keraton pun membuat menu yang memadukan kedua bahan masakan yang disukai masing-masing pihak.

Yaitu membuat menu berbahan daging seperti steak namun porsinya dikurangi karena Raja tak terbiasa memakan daging dalam porsi besar. Kemudian untuk mengganti mayonaise, juru masak menyiramkan kuah kecap asin, asam manis sebagai perasa. Tak lupa ditambahkan juga potongan kentang dan beberapa sayuran agar tetap sehat dimakan.

Ternyata menu ini disukai kedua belah pihak, Raja menyukainya dan pihak Belanda pun juga demikian. Bahkan mereka sampai mempekerjakan rakyat pribumi untuk menjadi juru masak Selat di markasnya. Ketika itu menu makanan ini belum memiliki nama, akan tetapi masyarakat banyak menyebutnya sebagai salad Jawa.

Seiring waktu, kata salad justru populer menjadi selat, mungkin karena pelafalan masyarakat ketika itu yang sulit menyebutkan kata salad. Kurang lebih seperti itulah sejarah dan asal usul selat Solo, hingga saat ini masakan ini menjadi salah satu kuliner khas dan wajib dicoba bagi wisatawan yang datang ke kota Solo.

Kembali ke topik, cara membuat selat Solo sendiri tidaklah sulit. Bahan-bahannya pun juga mudah didapat karena memang menggunakan sayuran-sayuran biasa. Konon kunci utama untuk membuat selat Solo yang enak ada pada pembuatan kuahnya. Kuah dengan rasa yang pas akan membuat selat Solo memiliki rasa yang enak dan lezat.

Menurut kami menu ini sangat cocok dinikmati sebagai menu makan siang, rasanya yang gurih dan menyegarkan memang sangat nikmat. Pasti anda sudah penasaran bukan? Langsung saja silahkan simak resep selat solo asli dibawah ini.

Resep Selat Solo Komplit

Bahan semur :
  • 100 ml kecap manis
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 butir cengkeh
  • 1 siung bawang putih, diiris tipis
  • 2 butir telur ayam, direbus kemudian dikupas
  • 1 sdm margarine
  • 500 gr daging sapi, dipotong ukuran rendang
  • 30 gr bawang Bombay, diiris tipis

Bahan pelengkap :
  • 100 gr wortel, dipotong panjang
  • 100 gr acar mentimun
  • 100 gr kentang goreng
  • 100 gr buncis, dipotong panjang
  • 4 helai daun selada

Bahan saus dan kuah :
  • 1 sdt cuka
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt mustard pasta
  • 1 butir kuning telur ayam, direbus kemudian haluskan

Cara Membuat Selat Solo Asli

  1. Pertama, bersihkan daging sapi kemudian potong secara melintang tipis-tipis ataupun seukuran rendang. Kemudian panaskan margarine sampai meleleh lalu tumis bawang Bombay dan bawang putih sampai harum.
  2. Selanjutnya masukkan daging yang sudah diiris, lalu aduk hingga daging berubah warna. Kemudian masukkan kecap inggris, kecap manis, tambahkan cengkeh dan juga garam serta merica. Lalu tambahkan air dan rebus sampai mendidih.
  3. Kemudian masukkan telur ayam yang sudah direbus. Selanjutnya masak hingga dagingnya matang dan kuah telah menyusut, lalu angkat dan sisihkan kuahnya.
  4. Buat sausnya dengan cara aduk rata semua bahan saus menjadi satu.
  5. Sajikan dengan cara tata daun selada, sayuran, kentang goreng dan irisan daging. Kemudian tambahkan acar, telur dan saus mustard, lalu berikan sedikit siraman kuah.
  6. Selesai, Selat Solo siap dinikmati.

Demikian cara mudah dan sederhana  membuat selat solo asli dan komplit dari kami. Anda dapat memvariasikan sendiri bahan-bahan dalam pembuatannya sesuai selera. Misalnya jika anda menyukai rasa pedas dapat anda tambahkan cabe dalam olahan kuah selat Solo ini. Menu ini harus anda coba, karena selain lezat juga kaya akan gizi dari sayuran-sayuran yang terkandung di dalamnya. Pastinya akan cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet.

Terakhir, selamat mencoba mempraktekkan resep selat solo asli dan enak dari majalahresep. Bagi anda yang menyukai sayur silahkan simak resep sayuran lainnya dari kami. Atau jika anda tertarik silahkan simak juga resep timlo yang juga merupakan makanan khas kota Solo. Semoga informasi resep ini bermanfaat dan dapat menginspirasi bagi anda.


Share ke :

0 Response to "Resep Selat Solo Asli dan Enak"

Posting Komentar